Kenali 5 Jenis Cyberbullying Ini Supaya Kamu Tidak Menyakiti Orang Lain

09:30:00

Rifkanisa Nur Faiza (Koor. Sekbid IV)



Bahkan, bully pun mengikuti perkembangan zaman.
Dulu, bully hanya berupa bully secara fisik dan verbal. Karena perkembangan zaman, semakin majunya dunia informasi dan teknologi,  bully juga bisa terjadi di ranah internet atau cyber. Penyebab cyberbullying juga bermacam-macam. Mulai dari motif balas dendam, sekedar lucu-lucuan, dan ada juga yang melakukannya secara tidak sadar. Karena itu, ada baiknya jika kamu mengenali 5 jenis cyberbullying berikut ini. Sehingga, kamu tidak akan menyakiti perasaan orang lain.


1.     Flame War

Kalau kamu suka menulis status sok frontal dengan bahasa yang gak pantas, apalagi kalau ditulis dengan di-capslock, berarti kamu sudah melakukan cyberbullying. Mungkin kamu hanya ingin mengekspresikan amarahmu semata, tapi terkadang statusmu itu bisa menyebar layaknya api (flame) dan akhirnya malah merembet ke mana -mana dan semakin banyak pihak yang terlibat. Makin parah, kan?

       2.      Harassment
Penyebaran tulisan atau gambar yang bertujuan untuk melecehkan bisa dianggap sebagai cyberbullying. Ada yang bisa dibagikan ke publik, ada juga yang sebaiknya disimpan sendiri atau minimal diceritakan kepada orang dekat. Oh iya, SMS spam dan penipuan itu juga termasuk harassment, loh. Jadi jangan suka spamming lagi yaa, apalagi kalo gak penting atau mengejek misal “gendut gendut gendut gendut” sampe 10 kali itu masuk harassment lho.


           3.     Denigration

   Tipe cyberbullying ini banyak terjadi ketika pemilu beberapa bulan lalu. Denigration       adalah penyebaran kabar bohong atau fitnah kepada seseorang supaya reputasi orang      tersebut rusak. Jadi,  gak usah lagi deh jelek- jelekin temen di sosmed.


4.     Impersonation
Sering ngebajak akun sosmed teman dan bikin status aneh-aneh? Memang lucu sih, buat kamu doang tapi. Yang dibajak pasti mencak-mencak. Lebih baik kamu hentikan kebiasaan itu. Soalnya berpura-pura menjadi orang lain dan mengirimkan status atau pesan yang bersifat melecehkan termasuk cyberbullying, loh. Kamu sudah mengusik area privasi dari seseorang.

5.     Outing
Kamu sering membuat meme dari foto-foto orang yang tidak kamu kenal? Sebaiknya, hal itu kamu hentikan sekarang. Kalau kamu tidak mendapatkan izin dari yang bersangkutan untuk menggunakan foto tersebut, maka kamu bisa bermasalah dengan pihak berwajib nantinya. Karena penyebaran foto tanpa seizin pemiliknya dengan tujuan melecehkan termasuk cyberbullying.


Hayoo inget-inget. Sudah berapa korban cyberbullying yang tanpa sadar telah kamu sakiti? Mulai sekarang, ubah kebiasaanmu dalam menggunakan sosial media yaa..

You Might Also Like

0 komentar

AKUN LINE RESMI BHAWARA 8

Friends Added